Gitar Bandung

“GITAR” nama ini populer sekali di kalangan anak muda (ABG) jaman sekarang. Terutama yang laki-laki biasanya mereka lebih terlihat jantan ketika memegang gitar. Fenomena rental Band yang sering dikunjungi kawula muda seumuran SMP-SMA hingga mahasiswa, makin meningkatkan kepopuleran alat musik “Gitar” ini. Kalau dunia musik diibaratkan olahraga, mungkin yang namanya “Sepakbola” itu adalah “gitar” (hanya sebuah opini saja).

Bila dikutip dari kompas, “Gitar buatan Bandung ini telah menembus pasar Inggris dan Amerika Serikat,” kata Rahmad Nasution, dari Pemasaran PT Genta Trikarya di arena Trade Expo Indonesia 2008, Jakarta, Jumat (24/10).

Di Bandung, yang sering dibilang kota “mode” atawa “fashion” boleh juga – dan memang banyak – yang berkata bahwa bandung itu kota musik. Karena banyak band-band besar yang lahir di kota ini, seperti Gigi, The Changcuters, peterpan(dah mau bubar), dan banyak lagi yang lainya.

Ternyata dengan kondisi yang seperti itu, Bandung juga merupakan tempat memproduksi “GITAR”. Sebuah perusahaan gitar di bandung dengan jumlah pekerja sebanyak 40 orang dapat memproduksi 500 buah gitar perbulan dengan komposisi 80% untuk diekspor ke Inggris dan Amerika dan 20% untuk konsumsi dalam negeri (masuk pasar:(pengecer/retailer) lokal).

Lain halnya dengan perusahaan (baca: pengrajin) gitar punya teman seperjuangan saya, dengan jumlah karyawan tidak tetap 2 orang dengan bosnya sendiri (menjadi 3 orang) dapat memproduksi 2-5 gitar tiap bulan. itu tergantung permintaan pembeli juga, dan pengiriman terbanyak yaitu ke toko gitar yang menjadi pelanggannya dengan omset 5-10 gitar per pengiriman.

Memang terdapat fakta bahwa “Konsumen luar negeri percaya kayu dari Indonesia yang terbaik dan harga yang kami tawarkan juga cukup bersaing di sana” dan untuk pembuatan gitar itu sendiri memerlukan ketelitian dan kesabaran juga nilai seni tinggi. Dari mulai pemilihan kayu, penghalusan dan pembentukan gitar, pemasangan komponen (senar, fret, spul (khusus: gitar elektrik)), sampai pada pengepresan dan pengecatan memerlukan waktu yang cukup lama. Bila ditekuni dengan baik, bisnis gitar ini cukup potensial untuk mendorong pengrajin gitar supaya dapat hidup layak dengan hasil karya-karyanya.

Sebenarnya dari beberapa sumber, pabrik gitar itu tidak hanya berlokasi di bandung, tetapi juga ada di Bogor, Majalengka dan kuningan jawa barat. Dan produk mereka ini berkualitas eksport, jadi sedikit banyak dapat membantu peningkatan devisa negara.

22 Responses to Gitar Bandung

  1. mahardika says:

    boleh tau alamat-alamat panrik gitar yang ada di sekitaran bogor, dan bandung…??
    saya hendak mencari data tentang pabrik-pabrik gitar untuk keperluan kuliah..
    mohon bantuannya
    terimakasih

    greygreygrey71@yahoo.com

  2. lukman says:

    alamat pabrik gitar di bandung dmn…
    klo pesenya satu boleh gag

  3. amonk says:

    waktu g tinggal d bandung th 2007 kemaren g gk sempet kepikiran soal pengrajin gitar.

    Pas ud balik jakarta kepengen bgt liat proses pembuatan gitar lokal, waktu tu sempet diceritain temen d daerah yg ke arah kebon kalapa ada tempatnya, tp ud lupa.

    skarang tiap kali browsing yg ada cm artikel2nya tanpa alamat.. so g minta alamat2 home industry nya donks..

    Teng qyu.

  4. Harry says:

    Trus dari semua komentar perihal alamat pengrajin Gitar, ada yang bisa info ngk? Thanks a lot friends.

  5. ibenk says:

    Gw juga lagi nyari2 perusahaan gitar nich..secara..di kantor lagi nyari orderan buat para pembuat gitar, yang gw tau sich baru 2:
    1. PT. genta trikarya(www.gentaguitar.com)
    Alamat persisnya lupa gw, tapi daerahnya sekitar 200m setelah telkom ujung berung

    2. CV Arista
    Jl Otoiskandardinata No 189/22 E (Blk No 410)
    Bandung 40111, Jawa Barat
    Indonesia

  6. Acre says:

    Genta tuh showroomnya ada di jalan mohamad ramdan, tapi gua lupa nomernya. moh.ramdannya bagian yang deket jalan pelajar pejuang, deket jalan kota baru..

  7. Acre says:

    eh, ibenk, sbulan lalu pas hari minggu, gua ngecek ke alamat cv arista yang dikasih lo. Sampe sana, ketemu sih alamatnya tapi tutup. Gua tanya tetangga bangunan itu, pada ga tau ada produsen gitar disitu. apa Arista udah pindah gitu ?

  8. aditruhai says:

    sebenarnya di bandung banyak sekali pengrajin gitar, selain genta, arista, prince, mereka biasanya pernah kerja di pabrik-pabrik gitar dan membuka usaha sendiri di rumah, dan kualitasnya melebihi dari yang dibuat di pabrik pada umumnya,
    dari hasil observasi dan wawancara kepada mereka, pabrikan umumnya lebih mementingkan kuantitas( hasil) daripada kualitas gitar itu sendiri, kadang mereka melempar pasar pembuatan gitar di darah banjaran secara masal yang kualitasnya cenderung kelas2, kalo anda tanya kepada musisi besar di tanah air ini misallnya dewa bujana, mereka berlanganan ke salah satu pengrajin di bandung………
    Teman saya kemarin memesan kepada salah satu pengrajin gitar, dan mereka bilang untuk memesan 1 gitar saja membutuhkan waktu 3minggu untuk membuatnya dengan desain yang diminta teman saya, saya tidak mengerti seperti apa kualitasny apabila 40 gitar dipesan dalam waktu 1minggu,

    • eric says:

      saya kebetulan lagi meneliti tentang gitar di bandung…memang kalo custom butuh lama, itu karena dibuat spesifik sesuai dengan pemesannya…berbeda dengan yang sudah biasa dibuat pasaran, mereka memiliki cetakan yang udah jadi, jadi kualitas tetep terjaga…barusan abis ngobrol2 sama pemilik arista…sebulan bisa buat 400 gitar loh…dan kualitas tetep terjamin, karena menejemen pabrik yang udah terbiasa..

  9. aditruhai says:

    Ada 2 orang pengrajin gitar yang saya kenal di bandung beliau mengerjakan semua di rumah, untuk daerahnya cukup terpencil, di daerah bandung timur, dekat polsek arcamanik,dari situ memang masuk gang kecil, kalo dari kualitas lumayan bagus dan mereka bersedia memberi garansi apabila gitarnya sember atau gimana bisa diservis sama mereka

  10. aditruhai says:

    Buat orang bandung atau luar bandung, kalo mau ke pengrajin gitar tsb, pake aja ANGKOT DIPATIKUKUR-PANGHEGAR WARNA KUNING pake yng ke arah panghegar dan ke si abangnya minta diturunkan di polsek arcamanik,
    ini no handphone saya 081221366294 ,rumah saya 1kilo dari pengrajin tsb, mungkin kalo saya ada di rumah dan lagi tidak kerja saya bisa mengantar.

  11. yane says:

    saya lagi nyari pabrik gitar buat tugas kuliah,,
    klo ada pabrik yg lain tolong kasih tau saya lewat email yaa,,
    yane_sfair@yahoo.com

    trima kasih banyak atas infonya,,

  12. adiar says:

    tolong dong, saya butuh alamat produsen gitar elektrik di bandung skala home industri yg bisa produksi dlm jmlh banyak, cepat, murah dan kualitasnya bagus (finishing halus). Saya buat dijual lagi. Daerah Jawa bisa agak murah dan bagus harganya, tapi untuk ngontrol pesanan saya kejauhan karena saya ada di Purwakarta jd lbh dkt ke bandung.
    Buat siapa aja, dimana aja yg bisa bantu tolong kirim alamat lengkap lokasi ke: adiar_pwk@yahoo.com.

  13. daniel says:

    tolong dong mas,aq dimedan,pengen jual beli alat musik,saya punya teman di jakarta,gitar yang harga 800 ribuan dijakarta,dimedan bisa ampe 1.6 jt,so kalau dibandung pasti lebih murah,secara jakarta tempat penjualan,bandung tempat pembuatan,kalau aku dapat informasi dan cocok,aq berani kesana,
    bls ke dj_soull@yahoo.com

  14. Soeparno says:

    bro,,,bagi alamat produsen gitar yang di bandung dong , gw punya usaha jual gitar di jakarta. kalau harganya cocok insyaalloh gw order lumayan.

  15. wendy says:

    bang,dimana pabrik gitar dimajalengkanya? minta alamatnya donk!

  16. dika says:

    kira” harga nya kisaran brp yah,,?? yg d daerah polsek arcamanik,,

  17. ARISTUN says:

    ARISTUN produc gitar kami home industri gitar dari bandung , bagi kalian yg berminat atau membutuh kan gitar elektrik, akustik , box gitar ,kami siap melayani bisa hubungi no hp pak jangun ( 08157132619 ) kualitas kami utamakan ..trimakasih

  18. Wendy says:

    kalo saya ikut kerja dipabrik gitar GENTA ini boleh tidak ya?

Tinggalkan komentar